Assalamu'alaikum :)
Setelah belajar
tentang translate(geser/move) , sekarang akan di lanjut dengan belajar memutar
objek.
Prinsipnya hampir
sama dengan menggeser objek yaitu dengan menggunakan 3D axis yang berwarna
merah ,hijau dan biru pada blender.
Untuk lebih jelas
tentang 3D axis baca:
Rotate atau rotasi
yang dalam blender berarti memutar objek yang telah di pilih sehingga mengalami
perubahan sudut(angle) dan menghadap ke arah yang kita kehendaki.
Menu rotate dapat
kita temukan di tool shelf atau kalau tidak ada tekan T untuk memunculkan tool shelf.
tool shelf Rotate |
Pada saat berada di
object mode kita dapat melakukan translate,rotate, dan scale pada objek
sehingga berpindah posisi ,berputar dan berubah ukuran, tetapi tidak merubah
bentuk dari objek .Cukup dengan klik kanan objek yang mau di manipulasi.
Untuk rotate pada
edit mode sedikit lebih sulit karena kita hanya bisa me rotate dua bagian saja
yaitu edge(rusuk),dan face(sisi) .Vertex kan hanya satu titik sehingga di putar
kemanapun tetap sama saja ya kan?
Misalkan saya akan
merotate objek kubus yang di sediakan pertama kali startup blender, pindah ke
edit mode
Baca: Pindah ke edit
mode
Dan tekan A satu kali untuk deselect all, tekan A lagi untuk select all.
Ketika select all
dan kita rotate (R ) maka akan berputar
semua ,untuk memutar bagian rusuk saja pilih Edge select dan klika pada bagian
rusuk yang ingin di putar. Kalau mau bagian sisi(face) yang mau di putar klika
pada face yang ingin di putar, bisa pilih banyak sekaligus sehingga tidak perlu
satu-satu.
Kalau ingin me
rotate objek dengan menggunakan 3d axis bisa di lakukan dengan mengganti 3d
manipulator menjadi rotate sehingga 3d manipulator berubah menjadi seperti
lingkaran lebih tepatnya seperti bola.
ganti 3d manipulator dengan rotate |
Klikdrag lingkaran
besar di luar 3d manipulator ,sepertinya 3d axis juga 3d manipulator :D
Akan membuat objek
berputar dengan arah pandang kita sebagai patokan, kalau bagian lingkaran kecil
di tengah 3d manipulator akan memutar objek ke berbagai arah.
Kalau yang merah
akan memutar objek dengan sumbu X sebagai patokan, hijau untuk sumbu Y sebagai
patokan dan yang biru sumbu Z.
contoh rotate |
Sekian tutorial rotate dari saya semoga bermanfaat,
jangan lupa untuk update tutorial selanjutnya dari saya :)
0 komentar