Assalamu'alaikum :)
Baiklah setelah
sedikit mengenal dengan User
interface blender yang pernah saya posting.
Kali ini saya akan
bagi cara mengedit objek dalam blender, yang menurut saya gampang-gampang susah
buat ngeditnya.
Huum kenapa kok
gampag-susah?
Ini karena blender
3D mengolah objek yang ada pada dunia 3d virtual, jadinya kita juga harus
berusaha bayangin objek tersebut kalau di dunia nyata sob. Tenang aja kalau sudah biasa makai nanti juga bisa
kok, Cuma butuh latihan untuk memahami 3D virtual.
Untuk memahami 3d
virtual atau virtual 3d sama aja hanya saja sepertinya lebih keren virtual 3d
:D
Kamu perlu bisa
melihat objek yang ada di blender itu benar-benar berbentuk 3d kan?
Kalau kamu pake
jenis mouse yang ada klik kiri,klik kanan,scroll,middle click(klik tengah)
pasti akan lebih mudah dalam memakai blender (mouse/touchpad penting).
Kalau pake laptop
juga gapapa, untuk mempermudah silahkan klik file > user preferences (ctrl+Alt+U).
User preferences |
Emulate 3 button mouse & keyboard |
Check list pada
bagian yang saya tandai, kemudian save user setting.
Emulate 3 button
mouse akan mengaplikasikan klik tengah mouse dengan cara menekan beberapa
kombinasi keyboard
Yaitu Alt+klik kiri (kalau pada mouse scrollnya di
klik).
Emulate numpad akan
membuat angka 1-0 keyboard menjadi numpad.
rotate |
penggunaan numpad pada blender |
3d manipulator |
-3D manipulator:
untuk menampilkan dan menyembunyikan 3d manipulator
-Translate: untuk
menggeser objek
-Rotate: untuk
memutar objek
-Scale: untuk
merubah ukuran objek
Untuk mengedit objek
kita klik kanan objek yang mau di edit dan pindah ke edit mode.
edit mode |
Karena setiap objek
dalam blender hanya bisa di edit tersendiri kita tidak dapat mengedit beberapa
objek sekaligus, namun hal tersebut pasti ada alasannya :)
Setelah pindah ke
edit mode(Tab) objek akan berubah jadi
kayak gini
select all edit mode |
Terlihat objek
sekarang memiliki rusuk(edge),sisi(face), dan titik sudut(vertex).
Perhatikan bagian
berikut shortcutnya adalah (ctrl+Tab).
selection mode |
cobalah klik kanan
(seleksi pada blender di lakukan dengan klik kanan) salah satu titik sudut
selanjutnya klik dan drag salah satu anak panah axis untuk merubah posisi titik
sudut sesuai kebutuhan. Klikdrag sumbu X(merah) untuk menggeser(translate)
titik sudut ke sumbu X, begitu pula Y(hijau) dan Z(biru), klikdrag lingkaran di
tengah 3d axis akan menggerakan ke arah yang bebas.
Saat klikdrag salah
satu axiz, bisa di rubah secara cepat dengan menekan X,Y atau Z pada keyboard.
vertex translate |
Fungsi tadi di
gunakan jika ingin menggeser(translate)
bagian objek pada edit mode bisa face,edge, maupun vertex select.
Shortcut untuk
menggeser objek pada blender adalah G ,
bisa juga di kombinasikan dengan menekan G kemudian X maka akan menggeser objek
pada sumbu X saja ,menekan G kemudian Y hanya akan menggeser ke sumbu Y begitu
pula Z. kempulan shortcut blender 3d
Translate |
Sekian tutorial
translate pada blender semoga bermanfaat :)
1 komentar: