kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama ketika saya menggunakan software blender.
Interface pertama file baru |
Pertama kali saya
menggunakan blender render, sekitar dua tahun yang lalu.Saya sangat payah waktu
itu :D
Yang saya tahu kalau
di sebuah aplikasi tuh tinggal klak-klik kiri terus jadi deh( praktis amat
yah).
Akhirnya pun pertama
berhadapan sama software 3D yang satu ini saya seolah ga nglakuin apa-apa.
Beneran deh, saya
sampe kesel banget karna nggak bisa ngoperasiin ini software, bahkan sebuah box
atau segi enam yah yang muncul pada saat membuat file baru itu nggak gerak sama sekali :D .
Alhasil setiap saya
klik hanya bisa mindahin lingkaran kecil dan mirip tanda plus (+) itu (sekarang
saya tahu kalau namanya 3D Cursor).
Akhirnya pun saya
putus asa dan meninggalkan blender :(
Aksi pertama dengan blender :D |
Eiits tidak nyerah
begitu saja ,setelah teman saya lebih dulu bisa(padahal aku kenalin dia sama
blender juga belakangan :3 ) semangat pun kembali membara whaaa beneran…
soalnya dulu bisa nya buat bola bersinar berwarna merah kaya bola api :D .
Berikut
hal-hal yang perlu di perhatikan ketika pertama kali menggukanan Blender Render
Bagi yang belum
punya software Blender silahkan download di link berikut Download
Blender Terbaru
- Jangan panik
Waktu
pertama makai pasti kita udah berpikiran sembarangan mau buat ini buat itu
desain ini desain itu.
Dan
setelah liat tampilan blender yang "ramai" itu whoaa ;D (aku kudu
pie?).
- Mau jeli membaca
Dalam
software blender ini, interface nya lebih banyak menggunakan tulisan daripada
icon. Dan akan ada banyak banget istilah sulit yang muncul ,saya sarankan untuk
mencatat istilah yang di rasa cukup sulit (word list) sehingga bisa lebih mudah
untuk memahami.
- Bisa menggerakan objek kubus pertama
Kalau
kamu sudah bisa menggerakan objek kubus itu, cukup fokus di situ dulu :D
Karena
dalam software 3D yang paling penting pertama yah 3D objek tersebut.
Objek
kubus itu pasti sudah terpilih(select) ,tandanya ada 3 anak panah dengan warna
Merah,Hijau,Biru(RGB).
Tiga
anak panah tersebut akan senantiasa menemanimu dalam dunia CG artist, jadi
jangan meremehkan mereka hehehe :D
3
anak panah itu mewakili 3 sumbu(axis) utama 3D axis yaitu X,Y,Z
Cobalah
untuk klik (kiri) salah satu panah tersebut( terserah mau merah atau hijau,biru
sama saja) lalu di drag maous/touchpad nya ke arah mana saja (wiiish keren ,
bisa gerak :D , biasa aja kli :V ) Sekarang kelihatan deh kalau itu kubus
bukanya segi enam berisi 3 warna :D .
Sekarang
coba klik dan drag(terserah klik kiri atau kanan) lagi lingkaran di tengah 3d
axis tersebut, objek akan bergerak dengan bebas tanpa mengikuti 3D axis. Untuk
klik kanan dan drag klik di manapun objek akan dapat bergerak dengan bebas dan
akan seolah menempel pada cursor sampai di klik kembali. Kalau di klik kiri
objek akan lepas, namun apabila di klik kanan objek akan lepas dan kembali ke
posisi semula.
Klik
kiri di segala tempat hanya akan memindahkan 3D cursor sesuai tempat yang
diklik :)
arah dalam 3d axis |
- Menggerakan view port(bukan kamera) tapi arah pandang kita terhadap objek
Untuk
mengubah arah pandang,kita cukup klik tengah(midle click) untuk menggerakan
arah pndang secara bebas (harus pake 3D mouse, halah tenang aja itu loh mouse
yang scroll nya bisa di klik, kalau belum punya mending beli dulu saya beli tuh
sekitar 35 ribu aja, curhat :D ).
Untuk
zoom in/out bisa pake scroll up/down.
Mungkin itu yang
menurut saya penting waktu pertama menggunakan blender render, silahkan
berlangganan atau bookmark blog ini untuk tutor lanjutannya sob.
Tetap semangat dan
terus berusaha jangan lupa berdo'a semoga berkah selamat belajar .
jangan lupa lanjut di user interface blender
jangan lupa lanjut di user interface blender
0 komentar