Friday, April 29, 2016

Pertama Cara Menggunakan Blender 3D

Assalamu'alaikum :)
kali ini saya akan berbagi pengalaman pertama ketika saya menggunakan software blender.
blender file baru
Interface pertama file baru

Pertama kali saya menggunakan blender render, sekitar dua tahun yang lalu.Saya sangat payah waktu itu :D

Yang saya tahu kalau di sebuah aplikasi tuh tinggal klak-klik kiri terus jadi deh( praktis amat yah).

Akhirnya pun pertama berhadapan sama software 3D yang satu ini saya seolah ga nglakuin apa-apa.

Beneran deh, saya sampe kesel banget karna nggak bisa ngoperasiin ini software, bahkan sebuah box atau segi enam yah yang muncul pada saat membuat file baru itu nggak gerak sama sekali :D .

Alhasil setiap saya klik hanya bisa mindahin lingkaran kecil dan mirip tanda plus (+) itu (sekarang saya tahu kalau namanya 3D Cursor).

Akhirnya pun saya putus asa dan meninggalkan blender  :(

blender pertama
Aksi pertama dengan blender :D

Eiits tidak nyerah begitu saja ,setelah teman saya lebih dulu bisa(padahal aku kenalin dia sama blender juga belakangan :3 ) semangat pun kembali membara whaaa beneran… soalnya dulu bisa nya buat bola bersinar berwarna merah kaya bola api :D .

Berikut hal-hal yang perlu di perhatikan ketika pertama kali menggukanan Blender Render
Bagi yang belum punya software Blender silahkan download di link berikut Download Blender Terbaru
  1. Jangan panik
Waktu pertama makai pasti kita udah berpikiran sembarangan mau buat ini buat itu desain ini desain itu.
Dan setelah liat tampilan blender yang "ramai" itu whoaa ;D (aku kudu pie?).
  1. Mau jeli membaca
Dalam software blender ini, interface nya lebih banyak menggunakan tulisan daripada icon. Dan akan ada banyak banget istilah sulit yang muncul ,saya sarankan untuk mencatat istilah yang di rasa cukup sulit (word list) sehingga bisa lebih mudah untuk memahami.
  1. Bisa menggerakan objek kubus pertama
Kalau kamu sudah bisa menggerakan objek kubus itu, cukup fokus di situ dulu :D
Karena dalam software 3D yang paling penting pertama yah 3D objek tersebut.
Objek kubus itu pasti sudah terpilih(select) ,tandanya ada 3 anak panah dengan warna Merah,Hijau,Biru(RGB).
Tiga anak panah tersebut akan senantiasa menemanimu dalam dunia CG artist, jadi jangan meremehkan mereka hehehe :D
3 anak panah itu mewakili 3 sumbu(axis) utama 3D axis yaitu X,Y,Z
Cobalah untuk klik (kiri) salah satu panah tersebut( terserah mau merah atau hijau,biru sama saja) lalu di drag maous/touchpad nya ke arah mana saja (wiiish keren , bisa gerak :D , biasa aja kli :V ) Sekarang kelihatan deh kalau itu kubus bukanya segi enam berisi 3 warna :D .
Sekarang coba klik dan drag(terserah klik kiri atau kanan) lagi lingkaran di tengah 3d axis tersebut, objek akan bergerak dengan bebas tanpa mengikuti 3D axis. Untuk klik kanan dan drag klik di manapun objek akan dapat bergerak dengan bebas dan akan seolah menempel pada cursor sampai di klik kembali. Kalau di klik kiri objek akan lepas, namun apabila di klik kanan objek akan lepas dan kembali ke posisi semula.
Klik kiri di segala tempat hanya akan memindahkan 3D cursor sesuai tempat yang diklik :)
arah 3d axis
arah dalam 3d axis
  1. Menggerakan view port(bukan kamera) tapi arah pandang kita terhadap objek
Untuk mengubah arah pandang,kita cukup klik tengah(midle click) untuk menggerakan arah pndang secara bebas (harus pake 3D mouse, halah tenang aja itu loh mouse yang scroll nya bisa di klik, kalau belum punya mending beli dulu saya beli tuh sekitar 35 ribu aja, curhat :D ).
Untuk zoom in/out bisa pake scroll up/down.

Mungkin itu yang menurut saya penting waktu pertama menggunakan blender render, silahkan berlangganan atau bookmark blog ini untuk tutor lanjutannya sob.
Tetap semangat dan terus berusaha jangan lupa berdo'a semoga berkah selamat belajar .
jangan lupa lanjut di user interface blender
Load disqus comments

0 komentar